6 Fotografi Gear Ala Fotografer Profesional Yang Wajib Dibawa Saat Traveling

source : stefanhaworth.com

Anda pasti pernah melihat foto pemandangan yang indah dari seorang atau bahkan beberapa orang travel fotografer? Tahukan Anda, bahwa untuk mendapatkan karya foto yang indah tidaklah instan, tetapi kita juga membutuhkan perjuangan dan momentum yang pas. Apalagi di zaman now, semuanya harus serba "Instagrammable".

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga menyukai travel fotografi? Sebelum mulai menjelajah dan memotret, berikut ini kami bocorkan beberapa senjata andalan seorang fotografer khususnya fotografer travel yang harus Anda memiliki juga. Apa saja itu?

1. Kamera + Lensa

source : toolsandtoys

Namanya juga fotografer, hal pertama yang dibawa tentu saja kamera beserta lensanya. Anda bisa menggunakan kamera DSLR, Mirrorless, kamera saku atau kamera handphone sekalipun. Jadi sebenarnya, tidak ada alasan untuk tidak dapat mengambil sebuah gambar.

2. Tripod

source : wirecutter

Dalam kondisi tertentu fotografer diharuskan menggunakan kecepatan rendah saat memotret. Karena itu, penggunaan tripod sangat membantu untuk meminimalisir goncangan, sehingga gambar yang dihasilkan juga akan jernih dan tajam.

3. Baterai Cadangan

source : liputan6-tekno

Moment indah tidak datang dua kali. Jadi, sangat disayangkan bila kita menemukan moment yang menarik namun baterai kamera habis. Karena itu, Anda wajib membawa baterai cadangan atau setidaknya men-charge handphone Anda.

4. Tas Kamera

source : kenwood travel

Sebagai seorang fotografer, aset terpenting Anda adalah kamera dan lensa. Merupakan hal yang tidak bijak jika peralatan yang mahal tanpa disertai tas yang kuat, enak dibawa, dan tahan cuaca. Karena bagaimanapun juga, fotografi gear Anda merupakan investasi yang berharga.

5. Tongsis

source : armchair archade

Apalah arti traveling kalau kita tidak sempat selfie? Karena itu, bagi Anda yang menggunakan Action Camera atau Handphone untuk foto-foto di tempat liburan, wajib hukumnya untuk selalu membawa Monopod/Tongsis.

6. Kacamata

source : zeiss

Mungkin terdengar sepele dan tidak terpikirkan oleh banyak orang.  Tapi, percaya atau tidak, kacamata memang sangat dibutuhkan oleh seorang fotografer. Saat cuaca terik, kacamata sangat membantu seorang fotografer untuk tetap bisa menjelajah dan melihat panorama-panorama yang menarik untuk dijadikan obyek foto. Dengan model frame kacamata dan coating lensa kacamata yang tepat, Anda pasti merasa lebih nyaman dan dapat melakukan pemotretan dengan lebih maksimal. Yang pasti, kalau Anda suka selfie, memakai sunglasses seperti pasti jadi lebih kece.

Untuk bonus informasi, Berikut ini ada beberapa kacamata yang cocok bagi Anda yang hobi memotret!

· New Balance e-lock

source : tokopedia

Kacamata yang satu ini memiliki fitur e-lock pada bagian ujung bingkai. Hal ini memungkinkan seseorang untuk tetap aktif bergerak tanpa takut kacamata lepas/jatuh.

· Redbull Atiu

source : Optik Tunggal

Memiliki model sporty & lensa polarized, sudah pasti memberikan rasa nyaman pada mata saat digunakan diluar ruangan.

· Rebel

source : morel-france

Frame kacamata dengan bahan TR90 menjadikannya sangat ringan, sehingga sangat cocok dan nyaman digunakan oleh fotografer yang aktif.

Itulah beberapa rekomendasi peralatan yang wajib Anda bawa sebelum menjadi “Travel-Fotografer” beserta rekomendasi kacamata yang dapat digunakan untuk perjalanan atau sesi pemotretan Anda selanjutnya. Sudah siap menjelajah?

BAGIKAN