Hati-hati! 7 Aktivitas Sehari-hari Ini Bisa Merusak Kesehatan Mata!

Mata merupakan satu diantara panca indra yang memiliki fungsi sangat penting dalam kehidupan kita. Bukan hanya untuk melihat, tapi juga sebagai simbol kecantikan dan identitas seseorang. Namun, gaya hidup saat ini membuat sebagian besar orang melupakan pentingnya kesehatan mata.

Sebelum Anda mengalami hal-hal yang buruk , ada baiknya jika kita mengetahui beberapa hal yang dapat merusak kesehatan mata berikut ini:

1. Merokok

source : sains.kompas.com

Dilihat dari kemasannya saja kita sudah dapat membaca bahwa banyak sekali efek buruk dari rokok, salah satunya berefek juga terhadap mata. Zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat menurunkan bahkan menyerang syaraf-syaraf Makula, yaitu salah satu bagian dari retina.

2. Alkohol

source : thehansindia

Sering mengonsumsi minuman keras dapat berpengaruh terhadap penurunan kinerja visual, reaksi pipil yang lambat, sering migrain, mata kemerahan dan penurunan sensitivitas kontras.

3. Berenang

source : https://www.huffingtonpost.com

Seperti kita ketahui, air kolam renang pada umumnya mengandung kaporit yang dapat menimbulkan iritasi pada kornea. Apabila ini terjadi terus-menerus, tidak menutup kemungkinan akan berakibat yang sangat buruk terhadap kesehatan dan fungsi mata kita. Karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan kacamata renang saat kita sedang berenang.

4. Aktivitas luar ruangan

source : selipan.com

Anda mungkin tidak menyadari jika debu dan sinar UV yang masuk yang ke dalam mata kita bisa menyebabkan iritasi dan juga bisa menjadi pemicu katarak. Tuh kan?!

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sering berada diluar ruangan dan akrab dengan debu dan sinar matahari, ada baiknya jika membiasakan untuk menggunakan pelindung mata berupa sunglasses dan senantiasa memberi tetes mata secara berkala.

5. Bekerja di depan layar komputer

source : tribun style

Saat dikantor, apakah Anda sering duduk berjam-jam sambil mengoperasikan komputer? Jika iya, maka Anda sangat berpotensi mengalami gangguan atau bahkan kerusakan mata. Hal ini disebabkan oleh efek sinar biru yang dihasilkan oleh layar komputer.

6. Menonton TV

source : sultrakini

Hampir sama dengan komputer, efek buruk sinar biru juga dapat kita dapatkan melalui TV. Apabila kegiatan menonton TV ini dilakukan dalam waktu yang lama dan jarak yang kurang ideal, tidak menutup kemungkinan kita akan mengalami banyak hal buruk, terutama untuk kesehatan mata.

7. Bermain Game di HP

source : jalantikus

Banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain game di smartphone. Padahal, smartphone juga berpotensi merusak mata, karena sinar biru yang dihasilkan smartphone lebih jahat dari TV atau komputer.

Bagaimana jika kita sering bekerja didepan layar komputer, sering menonton TV dan sering memainkan game di smartphone? Apa yang harus kita lakukan untuk melindungi mata agar terhindar dari berbagai hal buruk seperti diatas?

Anda tidak perlu khawatir, semua itu bisa dicegah dengan selalu menerapkan teknik 20-20-20. Artinya setiap 20 menit, sempatkan untuk memalingkan pandangan dari layar monitor atau TV selama 20 detik ke titik lain yang berjarak 20 kaki. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu selalu menggunakan kacamata dengan lensa yang memiliki fitur Blue Protect, yaitu Zeiss Blue Protect Coating. Dengan lensa ini, mata akan mendapatkan proteksi extra terhadap bahaya sinar biru yang jahat.

Dapatkan informasi lengkap tentang Zeiss Blue Protect Coating  dan produk ini hanya di Optik Tunggal, Optik Tunggal Next Generation & Zeiss Vision Center.

BAGIKAN