Memiliki Kacamata Lebih Dari Satu Pasang, Untuk Penglihatan Yang Optimal

Berapa banyak pasang sepatu yang Anda miliki? Berapa banyak jam tangan atau tas yang Anda miliki untuk di matching kan dengan aktivitas atau pakaian Anda? Pasti ada lebih dari satu. Minimal Anda memiliki 1 pasang sepatu dan 1 pasang sandal bukan? Bagaimana dengan kacamata? Apakah Anda juga memiliki lebih dari 1 pasang kacamata?


87% informasi yang diolah oleh otak kita, diperoleh dari penglihatan. 9% dari pendengaran dan 4% sisanya berasal dari gabungan indra yang lainnya. Tentunya, dengan demikian kita sepakat bahwa penglihatan sangat penting bagi kita. Bagi Anda yang masih hanya memerlukan koreksi 1 fokus atau single vision (umumnya usia dibawah 40 tahun), Anda dapat fokus ke model frame atau bingkai kacamata Anda. Ada frame yang cocok untuk kegiatan yang formal, ada frame yang cocok untuk kegiatan yang casual.



source : WebMD


Bagi Anda yang sudah membutuhkan koreksi multifokus (jauh dan dekat), Anda perlu memperhatikan desain lensa yang sesuai dengan kegiatan Anda sehari-hari. Hal ini karena pada proses pembuatan titik fokus pada lensa multifokal menimbulkan daerah buram yang disebut distorsi. Sampai dengan saat ini, belum ada satu produsen lensa pun yang dapat menghilangkan distorsi ini. Yang bisa dilakukan hanya pengelompokan atau yang biasa disebut sebagai desain.


Secara garis besar, desain dapat dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu hard desain dan soft desain. Hard desain memberikan area untuk pandangan jauh yang luas sehingga memungkin Anda untuk melirik. Akan tetapi, akan menjadi sempit untuk jarak pandang menengah dan akan kembali melebar untuk jarak pandang dekat sehingga tetap nyaman saat Anda membaca. Jadi, mungkin Anda akan merasa sedikit tidak nyaman saat perpindahan pandangan dari jarak jauh ke jarak dekat. Sedangkan soft desain memberikan jarak menengah yang cukup lebar sehingga perpindahan pandangan jarak jauh ke jarak dekat menjadi lebih nyaman, akan tetapi, ini akan membuat pandangan jarak jauh Anda lebih terbatas dimana mungkin Anda akan perlu menoleh (tidak bisa melirik) pada saat ingin melihat kesamping.


Apakah melirik sedemikian penting? Tergantung dari aktivitas Anda. Saat Anda mengendarai mobil, melirik ke kaca spion menjadi sangat penting bukan? Penjelasan desain di atas hanya garis besar dan sekelumit dari berbagai desain lensa yang beredar di pasaran. Dapatkan penjelasan yang lebih mendetil saat Anda mengunjungi toko kacamata-toko kacamata favorit Anda.


Analogi singkatnya adalah seperti ini, bisakah Anda bermain tenis dengan menggunakan sepatu kerja? Jawabannya adalah bisa. Akan tetapi, mungkin permainan tenis Anda tidak akan optimal, kaki Anda mungkin akan lecet dan sepatu kerja Anda akan cepat rusak.


Perlu Anda ketahui bahwa lensa kacamata Zeiss sebagai produsen lensa terbaik di dunia mendesain lensa-lensa nya secara presisi sesuai dengan aktivitas Anda dan posisi letak kacamata di wajah Anda. Sebagai contoh, Zeiss menyediakan Drivesafe Lens untuk berkendara, Office Lens untuk kegiatan dalam ruangan dengan penggunaan komputer yang intense, Digital Lens untuk kegiatan sehari-hari yang banyak menggunakan gadget dan masih banyak lagi.


Saat ini, di Indonesia, lensa Zeiss tersedia melalui salah satu retail kacamata terbesar di Indonesia yaitu Optik Tunggal. Optik Tunggal juga memperoleh International License untuk mengoperasikan Zeiss Vision Center dimana kebutuhan koreksi mata Anda diperiksa dengan menggunakan instrument alat refraksi yang mutakhir. Be A Smart Shopper.

SHARE IT