3 Fakta Tentang Mata yang Jarang Anda Ketahui

Organ tubuh manusia memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Tanpa kita sadari, beberapa organ bekerja secara otomatis seperti jantung, ginjal dan hati. Namun di antara semuanya, mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Selain fungsinya yang vital, ternyata banyak fakta unik tentang mata yang mungkin Anda belum ketahui. Apakah Anda tahu bahwa rata-rata manusia berkedip sebanyak 15 hingga 20 kali per menit? 

1. Rata-rata Mata Berkedip Sekitar 4.200.000 kali Setahun

Jika berbicara tentang mata, pastinya berhubungan dengan aktivitas berkedip. Tujuan mata berkedip adalah untuk melumasi mata agar tidak kering dan melindunginya dari debu, udara dan cahaya yang terang. Fakta menyebutkan bahwa rata-rata orang berkedip sekitar 15 sampai 20 kali per menit, artinya manusia rata-rata berkedip 4.200.000 kali pertahun. Kesimpulannya adalah rata-rata manusia berkedip sekitar 10% dari total jam saat mata terjaga.

2. Iris Mata Memiliki 256 Karakteristik Unik

Saat ini selain sidik jari, iris mata dapat dijadikan objek untuk mengidentifikasi suatu individu. Pada faktanya, iris mata memiliki lebih banyak karakteristik unik dibandingkan dengan sidik jari. Jika pada sidik jari memiliki 40 karakteristik unik, maka iris mata memiliki 256 karakteristik unik. Hal ini membuat suatu individu sulit tertukar jika identifikasi dilakukan berdasarkan iris mata. Bahkan teknologi smartphone saat ini sudah menggunakan iris mata untuk fitur lock screen. 

3. Mata Mampu Melihat Sekitar 10 Juta Warna Berbeda

Banyak ilmuwan mengatakan bahwa mata manusia mampu melihat jauh lebih banyak warna dari warna pelangi. Bahkan mata kita mampu membedakan 500 jenis warna abu-abu. Lebih kerennya, mata manusia dapat mendeteksi 10 juta warna warna. Namun mata manusia tidak dapat melihat cahaya ultraviolet atau inframerah. Berbeda dengan serangga yang dapat melihat cahaya ultraviolet. 

Fakta mata manusia di atas menakjubkan bukan? Maka dari itu jagalah kesehatan mata Anda agar aktivitas sehari-hari Anda tidak terganggu dan mata dapat bekerja dengan optimal. Jangan lupa periksakan mata Anda 6 bulan sekali. Periksa mata di Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center saja, GRATIS lho! 

BAGIKAN