Anak Sulit Fokus Saat Sekolah Online di Rumah? Ini Tips Untuk Anda!

Kegiatan sekolah online di rumah merupakan aktivitas yang baru bagi para orangtua dan anak ketika pandemi. Apakah Anda para orangtua pernah mengalami anak susah fokus saat belajar online? Tentu hal ini menjadi tantangan baru bagi para orangtua ketika anak harus sekolah online di rumah melalui perangkat digital. Berikut tips agar anak Anda fokus saat sekolah online.

Siapkan area belajar anak

Area belajar yang berpindah-pindah dapat menjadi gangguan bagi si kecil untuk sekolah online di rumah. Gunakan satu area saja untuk dijadikan area belajar anak saat sekolah online di rumah, lengkap dengan meja belajar dan pencahayaan yang cukup. Pastikan juga ruangan jauh dari gangguan yang bisa menghilangkan fokus belajar anak. Dekatkan semua kebutuhan dan peralatan belajar anak seperti alat tulis, buku pelajaran dan lainnya.

Membuat to-do-list

Agar sama-sama paham dan tahu antara membuat PR dan belajar, ayah dan bunda perlu membuat to-do-list agar semua berjalan sesuai rencana. Hal ini juga dapat membantu anak untuk fokus dalam urusan sekolah dengan mengerjakan satu per satu, seperti belajar atau mengerjakan PR terlebih dahulu. Jika sudah, izinkan anak untuk mencoret daftar yang sudah dikerjakan.

Kurangi gangguan

Televisi, handphone, konsol game dan kegiatan lain di luar sekolah online merupakan hal yang paling mudah mengganggu fokus belajar anak. Mulai sekarang, jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu dari jangkauan anak selama mengikuti kelas online dan saat mereka mengerjakan PR.

Atur waktu belajar dan istirahat

Kegiatan sekolah online di rumah membuat batasan untuk kegiatan lainnya menjadi kecil. Biasanya aktivitas belajar ada di sekolah, kini aktivitas belajar dan lainnya ada dalam satu tempat, yakni rumah. Ditambah, melakukan tugas sekolah selama berjam-jam tanpa istirahat dapat dengan cepat membuat fokus anak menjadi hilang. Berikan waktu anak beristirahat dan kesempatan untuk meluangkan energi ekstra, serta membantu menghindari menjadi frustrasi atau kewalahan.

  

Memakai perlindungan kacamata

Sekolah online di rumah dengan perangkat digital membuat anak harus terus menerus melihat layar dengan durasi waktu yang lama. Ini dapat meningkatkan resiko digital eyestrain yang membuat anak menjadi tidak fokus dalam belajar online di rumah. Untuk itu Optik Tunggal menghadirkan perlindungan mata Anda dengan kacamata lensa ZEISS Blue Protect. Lensa ini berfungsi untuk membatasi sinar biru dari komputer atau smartphone sehingga mata tidak terpapar sinar biru yang berlebihan. Sinar biru sebenarnya memiliki manfaat yang baik seperti membuat Anda semakin produktif, fokus, dan terjaga meski badan lelah, namun jika berlebihan juga dapat mengakibatkan masalah di mata maupun sakit kepala. Oleh sebab itu dengan memakai lensa ZEISS Blue Protect dari Optik Tunggal Anda tetap mendapatkan sinar biru yang baik dan mencegahnya agar tidak berlebihan masuk ke mata sehingga dapat membantu menjaga penglihatan dan mengatasi sakit kepala karena mata lelah.

Dapatkan kacamata dan lensa ZEISS Blue Protect hanya di store Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000 atau 0811 1351 1000. 

BAGIKAN