Bahaya Membeli Lensa Kontak Sembarangan

Lensa kontak semakin digemari di kalangan masyarakat. Banyak yang menggunakan lensa kontak meskipun tidak memiliki gangguan pada mata. Fungsi lensa kontak saat ini justru mengarah untuk memperindah warna mata. Hal ini akhirnya dimanfaatkan oleh oknum salon kecantikan, pusat perbelanjaan sampai online shop. 

Namun tahukah Anda bila lensa kontak tidak dapat di beli di sembarang tempat? Terlebih lagi merek kontak lensa tersebut tidak terdaftar di Kementerian Kesehatan dan BPOM. Pastikan Anda membeli lensa kontak dengan kualitas terbaik. Kualitas lensa kontak yang buruk sangat berbahaya untuk kesehatan mata Anda karena lensa kontak dipakai langsung bersentuhan dengan mata. 

Dian Leila Sari AMd RO, S.Pd, M.Kes Ketua Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia mengatakan, sebaiknya  membeli lensa kontak di optik yang sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan dan memiliki tenaga kesehatan mata atau Refraksionis Optisien (RO). Alasannya Anda bisa mendapatkan konsultasi lebih lanjut dari ahli mata dan dapat mencegah kerusakan mata dari penggunaan lensa kontak.

Jika Anda membeli lensa kontak di optik terdaftar di Kementerian Kesehatan seperti Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center, Anda akan mendapatkan konsultasi dan pemeriksaan mata. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengukuran kelengkungan bola mata, kuantitas dan kualitas air mata. Pemeriksaan ini bertujuan mengurangi risiko posisi dan ukuran lensa kontak yang tidak tepat saat dipakai. 

Pembelian lensa kontak di luar optik belum terjamin memiliki izin dari BPOM. Menurut dr. Theresia Rina Yunita, apabila tidak lolos BPOM, itu bisa diartikan lensa kontak tersebut memiliki kandungan berbahaya. Jadi, pilihlah yang memang kualitasnya sudah teruji seperti membelinya di optik. Lensa kontak yang dibeli sembarang tempat dapat menyebabkan infeksi pada mata. Banyak sekali orang memakai lensa kontak malah terkena infeksi bakteri, jamur, sampai akhirnya kornea rusak dan mengalami kebutaan.

Optik Tunggal memiliki lensa kontak berkualitas dan sudah lulus izin BPOM. Selain itu, kami akan memberikan konsultasi dan pelayanan terbaik untuk Anda. Berhenti membeli lensa kontak di luar optik karena belum terjamin keamanannya dan berdampak negatif untuk kesehatan mata. 

BAGIKAN