Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Mata

Seperti yang sudah kita ketahui asap rokok beresiko bagi kesehatan, baik itu perokok aktif maupun perokok pasif. Biasanya hal yang paling sering diedukasikan adalah asap rokok dapat menyebabkan penyakit paru – paru. Namun, tahukah Anda ternyata asap rokok juga dapat mempengaruhi kesehatan mata? Berikut adalah bahaya efek paparan asap rokok terhadap kesehatan mata Anda.

 

Katarak

katarak merupakan jenis penyakit mata dimana lensa mata mengalami kekeruhan. Jika dibiarkan berlarut – larut akan menimbulkan kebutaan. Menurut dokter mata, orang yang terpapar asap rokok terus menerus memiliki resiko dua kali lipat lebih besar.

 

Mata kering

Sama hal nya ketika kita terpapar asap kendaraan saat di tempat umum, mata kita akan terasa perih dan merah. Terpapar asap rokok juga dapat mengalami hal yang sama. Mata kita akan terasa perih yang lama kelamaan akan mengurangi kelembapan mata sehingga mata menjadi kering dan iritasi.

 

Uveitis

Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada uvea atau lapisan tengah mata. Kondisi ini ditandai dengan salah satu atau kedua mata terlihat sangat merah, yang dapat disertai rasa nyeri pada mata dan penglihatan menjadi kabur. Racun dari asap rokok dapat menimbulkan peradangan tersebut sehingga Anda sebaiknya menghindari tempat – tempat yang terpapar asap rokok.

 

 

Degenerasi makula

Merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh orang tua. Gejalanya ditandai dengan pandangan menjadi buram yang lama-kelamaan akan kesulitan untuk membaca, menyetir, menulis, dan mengenali wajah orang. Salah satu penyebab dari degenerasi makula ini karena paparan asap rokok dari perokok aktif maupun perokok pasif.

 

Risiko penglihatan janin dalam kandungan

Ibu hamil yang merupakan perokok aktif maupun pasif dapat mempengaruhi janin. Asap rokok sangat berbahaya bagi janin karena bisa menjadi penyebab keguguran, bayi lahir secara prematur, dan mempengaruhi cacat janin seperti penglihatan janin terganggu sejak lahir.

Sebaiknya hindari untuk merokok dan berada di tempat yang terpapar rokok, agar kesehatan mata Anda terjaga. Jika ingin konsultasi seputar kesehatan mata bisa langsung menghubungi store Optik Tunggal terdekat atau hubungi Customer Service via telepon atau WA di 08111 320 3000.

BAGIKAN