Fakta Unik! Otot Mata adalah Otot Terkuat Pada Tubuh

Apakah Anda menyadari bahwa tubuh manusia dipenuhi oleh keajaiban? Dari sekian banyak anggota tubuh, mata merupakan alat indera penglihatan paling kompleks yang kita punya. Ada begitu banyak otot, saraf, dan kelenjar yang bekerja setiap saat secara bersamaan. Bahkan ada beberapa penelitian bertujuan membandingkan penglihatan mata dengan kamera. Namun hasil perbandingannya tidak seimbang karena mata manusia lebih kompleks dari yang dibayangkan. 

Mata tidak hanya berfungsi sebagai alat penglihatan, pupil yang berada di dalam mata dapat menunjukan emosi seseorang. Pupil yang sedang membesar menunjukan ada minat atau ketertarikan yang mendalam terhadap sesuatu. Tidak hanya mencerminkan minat yang mendalam, pupil mata adalah alat yang digunakan untuk memikat. Semakin terbuka lebar pupil Anda, maka daya tarik pun semakin meningkat dan hal ini sudah dibuktikan oleh riset. 

Lensa mata kita dikelilingi oleh otot kecil namun sangat kuat untuk digunakan bekerja setiap harinya. Diperkirakan mata 100.000 kali bekerja untuk memfokuskan dan mempertajam penglihatan kita. Jika ingin dibandingkan, beban tersebut hampir sama dengan kerja otot kaki yang harus berjalan kaki sepanjang 75 km. Hal tersebut membuat otot mata bukan lagi memiliki otot yang kuat, melainkan otot terkuat di tubuh kita. 

Tidak sembarang kuat, mata juga memiliki pelindung lengkap mulai dari kelopak mata, bulu mata, alis mata, lapisan lemak, otot, kulit, serta 3 lapisan jaringan sendiri. Pentingnya peran mata dalam kehidupan kita. Saat membaca atau melihat sesuatu, mata membutuhkan tingkat fokus yang cukup tinggi. Namun jangan terlalu memforsirnya, mata akan cepat lelah hingga berakhir dengan penurunan kualitas penglihatan.

Pada retina terdapat sekitar 1.600.000 serabut saraf yang menghubungkan mata ke otak. Serabut tersebut yang memberikan informasi penglihatan mata pada otak. Mata manusia memiliki sel batang dan kerucut sekaligus, hal ini yang membuat kita dapat melihat dalam keadaan gelap dan terang. Selama ini mungkin Anda tidak menyadari betapa kompleks dan pentingnya peran mata sebagai salah satu anggota tubuh. Mari jaga kesehatan mata Anda dimulai dari sekarang. 

Beberapa upaya yang dapat menjaga kesehatan mata Anda:

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A,

  2. Periksa mata secara rutin 6 bulan sekali. Anda dapat memeriksa kondisi mata secara gratis di Optik Tunggal, loh!

  3. Atur pencahayaan rumah, ruangan kerja dan gawai Anda,

  4. Lakukan senam mata seperti melihat jarak jauh dan melirik,

  5. Berkedip lebih sering saat beraktivitas dengan perangkat digital,

  6. Memakai kacamata dengan lensa UV protection jika sering terkena sinar matahari.

BAGIKAN