Hindari 3 Posisi Buruk saat Membaca

Apakah Anda suka membaca buku? Kebiasaan baik ini dianggap bisa membuka wawasan dan mengenal dunia melalui imajinasi Anda sendiri. Membaca buku sudah tentu memberikan dampak positif, merangsang otak dan menambah ilmu pengetahuan. Sebagian orang mungkin suka membaca, namun tidak semua semua orang membaca dengan posisi yang benar.

Hal itulah yang bisa menjadi dampak buruk saat membaca. Mulai dari posisi tubuh hingga jarak saat membaca. Menjaga tubuh tetap sehat saat membaca, terutama pada mata adalah hal yang penting. Ada banyak kesalahan yang perlu Anda ketahui bagi yang hobi membaca, salah satunya seperti;

  • Membaca buku sambil tiduran

Mungkin ini menjadi hal yang biasa Anda lakukan sebelum tidur atau saat santai di waktu luang. Nyatanya, membaca buku sambil tiduran merangsang mata untuk cepat letih dan ini bisa membawa dampak buruk jangka panjang yaitu kelemahan mata yang akibatnya bisa menambah minus mata

  • Jarak baca terlalu dekat

Tujuannya mungkin untuk bisa lebih konsentrasi saat membaca dengan jarak yang lebih dekat. Namun kebiasaan ini malah membawa dampak buruk, lho. Bagaimana pun, mata Anda memiliki standar tersendiri dalam bekerja. Nah, dengan jarak yang terlalu dekat saat membaca, memungkinkan mata Anda akan lebih cepat lelah bahkan bisa membuat mata perih. 

  • Membaca di ruang minim cahaya

Untuk informasi yang perlu diketahui, semakin terang ruangan saat membaca, maka semakin santai mata Anda. Begitu juga sebaliknya, semakin redup ruangan saat membaca, maka mata akan menjadi lebih cepat lelah. Mengapa? Hal ini dikarenakan mata Anda bekerja ekstra untuk tetap aktif. 

Mulai sekarang hindari membaca dengan posisi dan jarak yang tidak benar. Tentunya, jangan lupa untuk selalu periksakan mata Anda minimal setiap 6 bulan sekali. Bisa Anda periksakan langsung ke dokter mata atau kunjungi ZEISS Vision Center terdekat.

BAGIKAN