Hindari Menyentuh Wajah dan Mata dengan Tips Ini!

Walaupun nantinya pandemi corona sudah berakhir, sudah seharusnya kita tidak menyentuh area wajah dan sekitar mata dengan tangan. Semenjak virus covid-19 menyebar, imbauan untuk mencuci tangan, memakai hand sanitizer dan menggunakan masker selalu digalakkan.

Tapi tak bisa dipungkiri juga, terkadang Anda menyentuh wajah secara tidak sadar dalam aktivitas sehari-hari. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar kebiasaan memegang wajah dan sekitar mata bisa menghilang secara perlahan.

1. Tetapkan niat di dalam pikiran Anda

Meskipun sering dikategorikan gerakan refleks, tidak ada salahnya menanamkan niat dalam pikiran agar berhati-hati untuk tidak menyentuh wajah. Sehingga, jika nanti memegang wajah muncul secara tiba-tiba, Anda bisa menahannya.

2. Membuat reminder

Anda bisa menulis pengingat tidak menyentuh wajah di kertas kecil yang di tempel di area terdekat Anda atau membuat notes di layar handphone, hal ini bisa membantu Anda untuk mengingat agar tidak menyentuh wajah.

3. Menggunakan hand cream atau pembersih tangan beraroma

Perlu diketahui, bahwa menggunakan hand cream atau pembersih tangan yang wangi bisa mencegah Anda menyentuh wajah dengan tangan, karena di saat wangi pembersih tangan sudah mendekat ke hidung, Anda akan sadar bahwa sebentar lagi tangan akan “sampai” ke wajah.

4. Menggunakan tisu

Anda memakai kacamata, namun ingin melepasnya saat berada di luar ruangan? Jika memang tidak ada air bersih di sekeliling Anda atau di saat handsanitizer abis, cara ini bisa digunakan. Dengan mengambil sehelai tisu, melepas kacamata akan menjadi lebih mudah dan terlindungi tanpa perlu takut menyentuh wajah.

Mulai sekarang biasakan untuk tidak menyepelekan hal-hal kecil, karena sekecil apapun itu akan berdampak besar ke depannya. Tentu hal ini bisa menyelamatkan Anda dari virus corona yang bisa masuk dari mana saja dan kapan pun. Jaga kesehatan dan kebersihan selalu ya!

BAGIKAN