Ini Alasan Anda Harus Memakai Kacamata dengan Lensa Progresif!

Semakin bertambahnya usia, seringkali membuat mata makin sulit melihat jarak dekat. Berkurangnya penglihatan tentunya akan menganggu Anda dalam melakukan kegiatan harian. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kacamata dengan lensa bifokal atau progresif untuk membantu penglihatan. Kebanyakan orang lebih memilih lensa bifokal dibandingkan lensa progresif. Padahal lebih banyak keunggulan dari memakai lensa progresif, lho!

Apa itu lensa progresif? Lensa ini adalah lensa untuk membantu penglihatan mata pada penderita presbiopia atau biasa kita sebut rabun dekat yang disebabkan oleh faktor usia (degeneratif). Berbeda dengan lensa yang biasa penderita rabun dekat pakai yaitu lensa bifokal yang memiliki segmen untuk fokus dekat/baca yang terlihat garis batasnya, lensa progresif memiliki lensa menyatu dengan lensa tanpa ada bulatan kecil sehingga terlihat lebih seperti kacamata biasa.

Pada generasi awal munculnya lensa progresif pemakai direpotkan dengan penyesuaian yang lebih lama sebagai dampak dari perubahan ukuran dari jauh kebaca yaitu timbulnya daerah distorsi pada kedua sisi lensa dimana  pemakai merasa penglihatannya buram ketika melirikkan matanya ke kiri atau ke kanan.  Namun dengan perkembangan teknologi, daerah distorsi akhirnya dapat dioptimalisasi sehingga waktu penyesuaian lebih singkat.

Kelebihan menggunakan lensa progresif

Terdapat berbagai kelebihan ketika Anda memakai lensa progresif dibandingkan dengan lensa bifokal yaitu seperti dari segi penampilan, kenyamanan, dan fungsi. Berikut kelebihan – kelebihan dari lensa progresif.

Terlihat seperti memakai kacamata biasa

Lensa bifokal memiliki segmen untuk fokus dekat atau baca yang terlihat garis batasnya. Bentuk segmennya ada yang bulat (bifokal round segment/kryptok), ada yang seperti mangkok (bifokal flattop) dan ada yg garis lurus horisontal (bifokal executive) yang mengganggu penampilan secara estetika. Pada lensa progresif dari segi penampilan tidak ada batas antara lensa plus dan lensa biasa atau minus sehingga Anda tidak terlihat seperti memakai kacamata orang tua.

Lensa progresif memiliki kenyamanan yang lebih baik

Pada lensa progresif memilik kenyaman lensa yang lebih baik daripada lensa bifokal. Lensa bifokal memiliki loncatan bayangan yang mempengaruhi penglihatan dan kenyamanan penggunanya, sedangkan pada lensa progresif perpindahan penglihatan lensa jauh dan dekat lebih nyaman karena tidak memiliki loncatan bayangan seperti pada lensa bifokal.

Dapat memenuhi penglihatan jarak menengah

Biasanya ketika Anda memakai lensa bifokal akan sulit untuk melihat dengan jarak menengah seperti melihat laptop dan jarak lihat lainnnya yang menengah. Pada lensa progresif masalah ini sudah dapat teratasi sehingga Anda bisa melihat dengan nyaman dan jelas.

Bagi Anda yang ingin beralih dari lensa bifokal ke lensa progresif, Optik Tunggal menghadirkan ZEISS Progressive Individial 2. Lensa ini didesain secara personal sesuai kebutuhan penglihatan setiap pemakainya (Tailor-made), penglihatan yang jelas dan detail baik untuk jarak jauh & dekat (clarity), keseimbangan dua mata (binocularity), serta penglihatan yang dinamis.

Dapatkan kacamata dan lensa ZEISS Progressive Individual 2 hanya di store Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000 atau 0811 1351 1000.

BAGIKAN