Ini Penyebab Mata Anak Sering Berkedip! No. 4 Masalah Sejuta Umat

Semenjak terjadi pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar anak secara online sudah menjadi kegiatan sehari – hari. Hal ini menimbulkan penglihatan anak  dipaksa untuk melihat layar gadget selama berjam – jam. Jika dilakukan terus – menerus maka resiko kerusakan penglihatan anak akan meningkat seperti silinder, mata minus, dan penyakit mata lainnya. Ketika anak mengalami gangguan penglihatan biasanya mereka akan berkedip secara tidak normal. Normalnya seorang anak rata – rata berkedip 3 – 17 kali/menit. Jika terlihat berkedip lebih dari itu, kemungkinan anak memiliki gangguan penglihatan. Berikut penyebab mata anak sering berkedip:

 

1. Alergi

Alergi dapat terjadi akibat debu atau kotoran yang masuk ke mata anak Anda. Ciri – ciri mata anak alergi adalah sering berkedip secara berlebihan dengan mata berair. Selain itu biasanya anak akan mengalami gatal dan sering mengucek mata. Jika terdapat ciri – ciri tersebut sebaiknya bawa anak Anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

2. Ketegangan mata

Sering berkedip juga terjadi saat mata anak Anda mengalami ketegangan. Penyebabnya adalah anak membaca di ruangan yang minim cahaya, terlalu lama menatap layar digital, dan kurang tidur. Selagi belajar online sebaiknya Anda memperhatikan hal tersebut guna menjaga kesehatan mata anak sejak dini.

 

3. Blefaris

Blefaris adalah penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri yang membuat kelopak mata menjadi bengkak kemerahan. Umumnya akan terasa gatal sehingga anak menjadi lebih sering berkedip dan mengucek mata. Penyebab dari blefaris ini beragam seperti ketombe pada kulit kepala dan alis, alergi terhadap skincare, efek samping dari penggunaan obat, kelainan pada kelenjar minyak, dan lain – lain.

 

 

4. Gangguan Refraktif

Mata berkedip lebih sering dapat pula berakibat dari gangguan refraktif. Gangguan refraktif paling umum adalah miopia. Solusinya dapat menggunakan bantuan kacamata. Sekarang ini terdapat inovasi lensa kacamata yang dapat mengurangi kenaikan myopia sebanyak rata - rata 30% pada anak - anak Asia di antara usia 6 - 12 tahun. Lensa ini didesain khusus oleh para ahli dengan sangat presisi sehingga anak  Anda dapat memiliki pengalaman penglihatan yang lebih baik pada semua jarak penglihatan. Inovasi tersebut terdapat pada lensa ZEISS Myopia Management yang didesain khusus untuk menghambat pertumbuhan miopia pada mata anak. Terdapat dua jenis lensa yaitu MyoVision Pro untuk anak dengan aktivitas indoor dan outdoor dan lensa MyoKids membantu adaptasi mata anak saat menggunakan gadget.  Fitur lainnya di lensa ini adalah memiliki perlindungan penuh terhadap sinar UV dengan lensa yang jernih sehingga penglihatan anak Anda menjadi lebih terlindungi.

 

Sebagai orang tua Anda harus menjaga penglihatan mata anak Anda, dan jangan sampai masa depannya rusak karena penglihatannya terganggu. Hubungi store Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000 atau 0811 1351 1000.

BAGIKAN