Jangan Biarkan Mata Minus Mengganggu Kehidupan Anak Anda

Mata Minus merupakan refraksi yang sering dialami oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Ciri – ciri mata minus ditandai dengan penglihatan yang buram atau tampak kabur saat melihat objek jarak jauh.

Ciri – ciri mata minus pada anak – anak

Mata minus biasanya ditandai dari usia anak – anak hingga remaja. Berikut ciri - ciri jika anak Anda mengalami mata minus:

  • Sering tidak menyadari keberadaan benda yang jauh,
  • Sering mengedipkan mata,
  • Sering menggosok mata,
  • Menonton televisi terlalu dekat,
  • Selalu memicingkan mata saat memandang sesuatu.

Sebaiknya jika anak Anda memiliki ciri – ciri tersebut periksalah ke dokter mata lebih dini untuk pencegahan agar mata minus pada anak Anda tidak semakin parah.

Faktor - faktor yang mempengaruhi mata minus

Jika Anda sudah mengetahui ciri – ciri mata minus sebaiknya hindari hal – hal berikut untuk menurunkan resiko mata minus. Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mata minus Anda.

Terlalu sering menatap layar gadget dengan jarak dekat

Kebiasaan buruk anak kerap kali dilakukan pada saat menatap layar gadget seperti sambil tiduran ataupun jarak pandang mata yang terlalu dekat karena asik menonton konten di gadget. Kebiasaan buruk ini meningkatkan resiko pada mata minus  anak Anda.

Menatap layar gadget dengan lampu redup atau gelap

Jika terus - menerus menatap layar gadget dengan minim cahaya, mata akan terpapar sinar biru yang sangat kuat dari gadget dan pupil di mata akan melebar. Selain itu, otot mata akan bekerja ekstra untuk fokus di tempat gelap yang lambat laun akan membuat mata minus menjadi bertambah.

Faktor genetik

Mata minus seringkali diturunkan dari keturunan keluarga. Jika salah satu ataupun kedua orang tua memiliki mata minus maka anaknya memiliki resiko lebih tinggi untuk memiliki mata minus juga, akan tetapi tidak menutup kemungkinan anak tidak memiliki mata minus karena berbagai faktor lain seperti kebiasaan anak maupun nutrisi dari anak sejak lahir.

Faktor lingkungan

Seringkali kebiasaan berpengaruh terhadap kesehatan kita. Orang yang memiliki kebiasaan beraktivitas lebih banyak di dalam ruangan sehingga jarak pandangnya pendek terus - menerus dapat meningkatkan resiko mata minus.

Salah satu solusi agar mata minus anak Anda tidak menjadi lebih parah adalah dengan memakai kacamata. Untuk itu Optik Tunggal menghadirkan kacamata dengan lensa ZEISS Myopia Management khusus untuk anak. Terdapat dua jenis lensa yaitu MyoVision Pro untuk anak dengan aktivitas indoor dan outdoor dan MyoKids membantu adaptasi mata anak saat menggunakan gadget. Inovasi lensa kacamata ini dapat mengurangi progresifitas atau kenaikan myopia sebanyak rata - rata 30% pada anak - anak asia di antara usia 6 - 12 tahun. Lensa ini didesain khusus oleh para ahli dengan sangat presisi sehingga anak Anda dapat memiliki pengalaman penglihatan yang lebih baik pada semua jarak penglihatan. Fitur lainnya adalah memiliki perlindungan penuh terhadap sinar UV dengan lensa yang jernih sehingga kesehatan mata anak Anda menjadi lebih terjamin.

Dapatkan kacamata dan lensa ZEISS MyoVision hanya di store Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000 atau 0811 1351 1000. 

BAGIKAN