Malas Membersihkan Wajah Dapat Membahayakan Kesehatan Mata!

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, pastinya wajah Anda akan terkena debu, kotoran dan polusi udara. Debu dan kotoran yang menempel di wajah Anda mungkin tidak terlihat langsung dengan mata, namun mereka dapat mengendap di pori-pori kulit wajah. Apalagi bila Anda rutin menggunakan make up, membersihkan wajah menjadi sangat penting karena efek sampingnya tidak hanya berbahaya bagi kulit tetapi juga berbahaya bagi kesehatan mata.

Debu dan bahan kimia dari kandungan yang ringan sampai berat dapat menyebabkan iritasi pada mata jika Anda tidak membersihkannya dengan teliti. Iritasi yang muncul biasanya berupa ruam merah dan terasa gatal. Kondisi ini juga disertai kulit kering dan timbul bintik-bintik kecil, terlebih pada bagian kelopak mata. Jika kondisi tersebut terjadi berkelanjutan, iritasi akan semakin memburuk. Iritasi yang terjadi akan semakin parah apabila wajah Anda terus terkena paparan matahari, debu, atau polusi.

Wanita sudah biasanya melakukan kegiatan dengan merias wajah. Apabila Anda gemar menggunakan eyeshadow atau maskara, pastikan Anda membersihkannya dengan tepat. Jika tidak, ada kemungkinan area sekitar mata akan terkena iritasi. Infeksi dapat terjadi di bagian konjungtiva mata, yang merupakan lapisan terluar dari bagian putih (konjungtivitis). Beberapa kasus infeksi yang terjadi juga dapat melibatkan bagian kornea mata sehingga menimbulkan keratokonjungtivitis atau keratitis. Infeksi yang terjadi di mata bisa mencetuskan gejala mata lebih sering berair, berubah kemerahan, dan perih saat Anda melek atau berkedip. Bahkan, mata Anda juga bisa sulit untuk dibuka karena terasa lengket.

Tidak hanya infeksi pada mata, tidur dengan make up yang masih menempel akan membuat pori-pori wajah dan kelopak mata tersumbat oleh bahan kimia, debu, serta bakteri. Sumbatan pada kelenjar di kelopak mata turut meningkatkan risiko bintitan. Apabila Anda malas membersihkan make up mata, risiko terjadinya bintitan dan bengkak di mata bisa meningkat.

Selain iritasi dan infeksi, tidak membersihkan wajah sebelum tidur juga dapat mengakibatkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini bisa terjadi apabila Anda tidak membersihkan maskara dengan tepat. Maskara yang sudah menempel di bagian mata akan menumpuk di dalam kulit jika tidak dibersihkan dengan tepat. Bila hal ini terus terjadi, bisa-bisa pigmen kulit di sekitar mata akan tampak hitam dan mengalami kekusaman.

Maka dari itu membersihkan wajah dengan double step sangat dianjurkan. Pertama bersihkan wajah dengan cleansing oil, cleansing water, atau make-up remover jenis lainnya. Kedua bilas make up remover dengan air dan bersihkan lagi wajah Anda dengan sabun. Setelah itu bilas sabun dengan air mengalir dan keringkan wajah Anda. Jaga kesehatan mata dan kulit wajah Anda dengan selalu membersihkan make up sebelum tidur dengan cara yang tepat dan teliti.

Jangan lupa periksakan mata Anda minimal enam bulan sekali di Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center, GRATIS lho! Segera kunjungi store terdekat agar mendapatkan pelayanan dan konsultasi terbaik untuk kebutuhan mata Anda.  

BAGIKAN