Mengapa Menguap Mengeluarkan Air Mata? Ini Jawabannya

Menguap merupakan aktivitas yang sering kita lakukan secara spontan ketika sedang lelah, mengantuk atau kekenyangan makan. Beberapa orang mengeluarkan air mata sehabis menguap seperti sedang menangis. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal tersebut dapat terjadi? 

Air mata tidak hanya keluar saat Anda menangis, tetapi juga dapat terjadi pada saat Anda menguap. Air mata adalah pelumas mata yang diproduksi oleh kelenjar lakrimal (kelenjar air mata). Kandungan air mata tidak hanya air, tetapi juga minyak dan lendir yang berfungsi sebagai pelindung mata dari zat asing seperti debu.

Saat Anda berkedip, gerakan kelopak mata akan memicu air mata dari kelenjar lakrimal keluar dan kemudian membuatnya rata di seluruh permukaan mata. Dr. Cheryl G. Murphy, ahli kesehatan mata, menjelaskan bahwa saat menguap, mulut Anda akan terbuka, pipi akan terangkat naik, dan mata akan menyipit. 

Gerakan tersebut membuat otot-otot di sekitar wajah akan menegang dan berkontraksi. Kontraksi otot di sekitar wajah memberikan tekanan pada kelenjar lakrimal yang berada di bawah kelopak mata. Tekanan tersebut mengakibatkan air mata yang disimpan di kelenjar lakrimal lepas dan membasahi permukaan mata.

Menurut Healthline ada beberapa alasan mengapa mata mengeluarkan air mata ketika sedang menguap, diantaranya :

  1. Adanya pendinginan otak,

  2. Tekanan pada wajah,

  3. Mata kering.

Namun tidak semua orang akan mengeluarkan air mata saat sedang menguap. Jika Anda menghasilkan lebih sedikit air mata secara umum, Anda mungkin tidak akan mengeluarkan air mata ketika menguap. Belum ada penelitian yang menunjukkan seberapa umum seseorang mengeluarkan air mata ketika menguap. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan faktor-faktor yang berkaitan dengan keadaan fisik dan lingkungan kita saat ini.

BAGIKAN