Myopia pada Anak?

Anak adalah anugerah dari Tuhan untuk para orangtua. Merawat dan mendidik anak secara dini dengan baik dan benar merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh orang tua. Termasuk juga menjaga kesehatan mata anak. Namun tahukah Anda ancaman kesehatan mata yang sering terjadi pada anak? Salah satu ancaman kesehatan mata pada anak adalah myopia. Lalu, apa itu myopia?

 

Myopia (rabun jauh) adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sementara objek yang letaknya jauh terlihat kabur dan hal itu terjadi karena cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh pada tempat yang semestinya, yaitu retina. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa myopia terjadi karena adanya pemanjangan bola mata akibat dari faktor genetik ataupun kebiasaan seseorang.

 

Biasanya penyebab miopi diasosiasikan dengan bertambahnya usia orang dewasa. Padahal kenyataannya, rabun jauh bisa didiagnosis pada anak-anak di usia 4 sampai 6 tahun dan terus berlanjut sampai pertengahan umur 20-an. Apalagi mata merupakan salah satu organ panca indera yang terpenting. Maka dari itu, sebagai orangtua, perhatian khusus harus diberikan untuk penglihatan anak-anak terutama dengan menggunakan lensa yang tepat dan aktivitas yang baik untuk mata.

 

Mulai kini, perhatikan aktivitas pada anak di sekolah mau pun di rumah ya! Terlebih lagi dengan penggunaan gadget yang terlalu lama pada anak, membaca dengan posisi yang salah dan cahaya ruangan yang gelap saat anak belajar. Tanamkan kebiasaan baik dari kecil untuk anak Anda.

BAGIKAN