Pakai Kacamata Membuat Minus Bertambah, Mitos atau Fakta?

Mata minus adalah suatu penyimpangan mata dengan struktur bola mata yang memanjang atau kornea menjadi lebih cembung dari kondisi seharusnya. Banyak yang menjadi pemicu mata minus diantaranya adalah faktor genetik, lingkungan, hingga kebiasaan melihat gawai terlalu lama.

Miopia atau rabun jauh merupakan kelainan mata yang paling banyak dialami oleh masyarakat umum. Beberapa orang yang pertama kali mengalami miopia sering kali mendapatkan informasi bahwa kacamata dapat membuat minus bertambah. Lalu akhirnya banyak orang menjadi takut menggunakan kacamata. Tapi apakah informasi tersebut benar adanya? 

Pada dasarnya kacamata merupakan rekomendasi alat koreksi terbaik bagi para penderita rabun jauh. Kacamata dapat membantu Anda melihat objek sekitar dengan jelas. Namun perlu diingat bahwa Anda harus hati-hati ketika memilih lensa. Pemilihan lensa kacamata harus tepat dan sesuai dengan anjuran dokter spesialis mata. Jika Anda belum sempat ke dokter, Optik Tunggal menyediakan fasilitas periksa mata gratis.

Menggunakan lensa kacamata yang tidak sesuai dapat menyebabkan munculnya gangguan yang lebih parah pada mata. Hal ini dikarenakan retina tidak dapat menempatkan bayangan dengan baik dan mata harus melakukan kompensasi lebih untuk menyesuaikan kondisi bayangan tersebut. Maka dari itu Anda sebaiknya rutin 6 bulan sekali mengecek kondisi mata. 

Lalu Bagaimana Cara Agar Minus Tidak Bertambah? 

  1. Menggunakan Kacamata atau Lensa Kontak

Saat memakai kacamata, Anda akan terbiasa dengan penglihatan tajam berkat bantuan lensa yang tepat. Jika Anda merasa penglihatan mata semakin memburuk setelah mencoba tidak memakai kacamata, penyebabnya adalah mata kembali dalam mode penglihatan asli. 

Penggunaan lensa kontak juga dapat membantu mempertajam penglihatan objek di sekitar Anda. Namun lensa kontak membutuhkan aftercare sesuai prosedur karena langsung bersentuhan dengan mata. Jika tidak mengindahkan prosedur maka akan menyebabkan masalah pada mata Anda. 

  1. Penggunaan Obat Atropine

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah minus bertambah parah adalah menggunakan obat tetes mata yang mengandung atropine. Namun penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter spesialis mata atau ophthalmologist.

Kacamata merupakan alat terapi terbaik yang dapat membantu mempertajam penglihatan Anda tanpa risiko berbahaya. Tidak perlu khawatir minus bertambah karena pada dasarnya kacamata adalah alat bantu untuk mengoreksi kelainan fokus penglihatan. Menggunakan kacamata akan membuat mata Anda terasa lebih nyaman dan rileks saat beraktivitas. 

Dapatkan pelayanan dan kualitas kacamata terbaik hanya di Optik Tunggal. Jangan takut untuk periksa mata Anda rutin 6 bulan sekali di Optik Tunggal karena periksa mata, stel dan service kacamata gratis!

BAGIKAN