4 Jenis Lensa Kacamata yang Wajib Anda Ketahui!

Lensa kacamata memiliki beragam jenis lensa yang disesuaikan dengan kebutuhan mata seseorang. Penting bagi Anda untuk memilih jenis lensa yang tepat sehingga terasa nyaman saat menggunakannya.

Setidaknya ada empat jenis lensa kacamata sesuai dengan fungsinya, yaitu;

  1. Lensa Tunggal (Single Visions Lens)

    Lensa tunggal memiliki satu ukuran dengan satu titik fokus, lensa ini digunakan oleh seseorang yang memiliki kelainan mata, seperti myopia (rabun jauh atau minus), hipermetropia (rabun dekat atau plus), dan astigmatisme (silinder). Jenis lensa kacamata berdasar fungsinya ini dikatakan single vision karena hanya berguna untuk mengkoreksi satu ukuran yaitu, jarak jauh atau jarak dekat saja.

  2. Lensa Bifokal

    Jika lensa tunggal hanya memiliki satu titik, maka lensa bifokal memiliki 2 titik fokus yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan mata orangtua (mata presbiopia). Lensa bifokal berfungsi untuk melihat jauh dan dekat sekaligus dengan menggunakan satu lensa saja. Satu titik fokus terletak pada lensa bagian bawah yang biasa digunakan untuk aktivitas membaca atau melihat dengan jarak dekat sedangkan fokus lensa pada bagian atas dipakai untuk melihat jarak jauh.

  3. Lensa Progresif

    Sama dengan lensa bifokal yang memiliki 2 titik fokus, tapi perbedaannya terletak pada lensa yang tidak memiliki jarak atau garis pembatas antara fokus untuk melihat jauh dengan fokus untuk melihat dekat.

  4. Lensa Transisi

    Lensa ini cocok bagi Anda yang sering beraktifitas di dalam dan luar ruangan, serta pemilik mata sensitif. Keunikan dari lensa yang satu ini yaitu bisa berubah warna. Jika berada di dalam ruangan maka lensa akan bening seperti kacamata baca namun sebaliknya, jika terkena sinar matahari yang frontal maka warna lensa akan berubah menjadi gelap layaknya sunglass sehingga memberikan perlindungan mata Anda dari rasa silau dan sinar UV.

Jika Anda sudah merasa tidak nyaman dengan lensa lama yang dipakai saat ini dan merasa perlu untuk melakukan pergantian lensa baru, lakukanlah pemeriksaan ke dokter mata atau kunjungi Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center terdekat Anda.

SHARE IT