Begini Perawatan Lensa Kontak yang Benar

Lensa kontak kerap menjadi pilihan pengganti kacamata karena penampilannya pada wajah cenderung lebih simpel. Seperti kacamata, penggunaan lensa kontak dapat membantu Anda melihat objek di sekitar lebih jelas sekaligus membuat mata terlihat lebih indah. Namun, Anda harus memperhatikan perawatan lensa kontak dengan benar agar tidak menimbulkan iritasi atau dampak buruk lainnya untuk mata. 

Pengguna lensa kontak harus ekstra menjaga kebersihan dengan baik. Salah perawatan dapat menimbulkan infeksi dan penyakit mata lainnya. Ada beberapa cara untuk merawat kontak lensa yang benar di antaranya:

1. Mencuci Tangan Sebelum Menggunakan Lensa

Kebersihan lensa kontak merupakan hal wajib. Jika Anda menggunakan riasan pada wajah, ada baiknya lensa kontak dipakai sebelum merias wajah. Ketika melepaskannya juga ada baiknya ketika wajah dan tangan dalam keadaan bersih. Hindari lensa kontak terkena air. Aktivitas olahraga seperti berenang tidak disarankan menggunakan lensa kontak.

2. Lepas Kontak Lensa Saat Anda Tidur

Hal ini yang sering dilewatkan oleh pengguna kontak lensa. Kontak lensa membuat oksigen yang masuk ke dalam mata menipis pada saat tidur. Melepas kontak lensa sangat penting agar mata tetap mendapatkan oksigen yang cukup. 

3. Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Air biasa tidak bisa digunakan sebagai cairan pembersih untuk kontak lensa. Pakailah cairan pembersih khusus yang disarankan dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam kontak lensa. Air kolam atau air sulingan bisa mengandung organisme acanthamoeba yang dapat menyebabkan mata mengalami infeksi.

4. Bersihkan Kontak Lensa Secara Berkala

Setelah Anda menggunakan lensa kontak sebaiknya langsung bersihkan lensa dengan cairan khusus. Kemudian segera simpan kontak lensa di kotak penyimpanan yang berisi larutan pembersih hidrogen peroksida. Kotak penyimpanan perlu dibersihkan secara rutin dan diganti setiap 3 bulan sekali agar tetap terjaga kebersihannya.

5. Tetap Menggunakan Kacamata Sebagai Pelindung

Pengguna lensa kontak juga disarankan menggunakan kacamata sebagai pelindung. Saat menggunakan kontak lensa, kita harus sering meneteskan obat tetes lensa kontak solution. Lensa kontak harus terhindar dari debu dan tidak boleh sampai kering. Anda dapat menggunakan kacamata dengan ZEISS EnergizeMe Lense, bepergian keluar rumah akan lebih nyaman. Debu halus tidak akan mengganggu penglihatan Anda.

Jika Anda ingin membeli kontak lensa dengan kualitas terbaik, Optik Tunggal menyediakan berbagai pilihan kontak lensa. Segera kunjungi Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center terdekat untuk memilih kontak lensa favorit Anda. 

 
BAGIKAN