Anak Sulit Fokus Saat Sekolah Online di Rumah? Ini Tips Untuk Anda!

Kegiatan sekolah online di rumah merupakan aktivitas yang baru bagi para orangtua dan anak. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena tutupnya sekolah tatap muka karena situasi pandemi Covid-19 saat ini. Tentu hal ini menjadi tantangan baru bagi para orangtua ketika anak harus sekolah online di rumah melalui perangkat digital. Belajar secara online pun tak mudah bagi sang anak, serta orangtua pun harus bisa memastikan agar anak tetap fokus belajar di depan layar.

 

Kesulitan ini pun bisa dipahami namun juga dapat dihindari dengan melakukan tips sederhana agar anak tetap bisa fokus sekolah online di rumah. Seperti:

 

1. Siapkan area belajar anak

Area belajar yang berpindah-pindah dapat menjadi gangguan bagi si kecil untuk sekolah online di rumah. Gunakan satu area saja untuk dijadikan area belajar anak saat sekolah online di rumah, lengkap dengan meja belajar dan pencahayaan yang cukup. Pastikan juga ruangan jauh dari gangguan yang bisa menghilangkan fokus belajar anak. Dekatkan semua kebutuhan dan peralatan belajar anak seperti alat tulis, buku pelajaran dan lainnya.

 

2. Membuat to-do-list

Agar sama-sama paham dan tahu antara membuat PR dan belajar, ayah dan bunda perlu membuat to-do-list agar semua berjalan sesuai rencana. Hal ini juga dapat membantu anak untuk fokus dalam urusan sekolah dengan mengerjakan satu per satu, seperti belajar atau mengerjakan PR terlebih dahulu. Jika sudah, izinkan anak untuk mencoret daftar yang sudah dikerjakan.

 

3. Kurangi gangguan

Televisi, handphone, konsol game dan kegiatan lain di luar sekolah online merupakan hal yang paling mudah mengganggu fokus belajar anak. Mulai sekarang, jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu dari jangkauan anak selama mengikuti kelas online dan saat mereka mengerjakan PR.

 

4. Atur waktu belajar dan istirahat

Kegiatan sekolah online di rumah membuat batasan untuk kegiatan lainnya menjadi kecil. Biasanya aktivitas belajar ada di sekolah, kini aktivitas belajar dan lainnya ada dalam satu tempat, yakni rumah. Ditambah, melakukan tugas sekolah selama berjam-jam tanpa istirahat dapat dengan cepat membuat fokus anak menjadi hilang. Berikan waktu anak beristirahat dan kesempatan untuk meluangkan energi ekstra, serta membantu menghindari menjadi frustrasi atau kewalahan.

 

5. Gunakan perlindungan untuk mata

Sekolah online di rumah dengan perangkat digital membuat anak harus terus menerus melihat layar dengan durasi waktu yang lama. Belum lagi jika harus mengerjakan PR di rumah melalui link yang diberikan oleh guru. Untuk menghindari efek sinar radiasi akibat pengggunaan perangkat digital terlalu lama, lindungi mata anak Anda dengan kacamata anti sinar radiasi. Jangan sampai anak kehilangan fokus akibat mata lelah yang menghampiri anak Anda saat belajar. Optik Kacamata khusus anak bisa Anda kunjungi di Optik Tunggal Next Generation. Gratis untuk biaya konsultasi mata anak Anda!

BAGIKAN