Kacamata Anda berembun ketika memakai masker? Ini Solusinya

Masker merupakan hal wajib di tengah pandemi ketika kita berpergian ke luar rumah. Apakah Anda pernah mengalami kacamata berembun saat memakai masker? Embun ini timbul dari hembusan napas kita yang keluar dari rongga atas masker ke dalam kacamata. Berikut tips agar lensa kacamata tidak berembun.

Lipat bagian atas masker

Menurut Tokyo Metropolitan Police Department, cara agar kacamata tidak berembun adalah sebelum memakai masker Anda bisa melipatnya ke dalam kira – kira 1 cm pada bagian atas masker. Fungsi dari melipat ini membuat rongga atas masker menjadi lebih tertutup sehingga udara dari napas yang berhembus ke bagian kacamata menjadi lebih sedikit. Kekurangan dari trik ini membuat ukuran masker menjadi lebih kecil. Trik ini tidak menghilangkan 100% embun tetapi mengurangi intensitasnya.

Pasang tisu terlipat di bagian dalam masker

Jika tidak menginginkan ukuran masker menjadi lebih kecil akibat dilipat dengan cara di atas, Anda bisa melakukan trik berikut dengan cara meletakkan tisu yang sudah dilipat di dalam masker sebelum Anda memakainya. Penggunaan tisu berfungsi untuk menyerap kelembaban dari napas Anda dan menghalangin embun.

Cuci lensa kacamata dengan air sabun

Sebuah studi 2011, Annals of The Royal College of Surgeons of England dalam sebuah jurnal medis, dokter yang memakai masker bedah membagikan tips agar saat memakai masker tidak membuat kacamata menjadi berembun adalah dengan mencuci kacamata dengan air sabun sebelum mereka melakukan operasi.

Menyemprotkan cairan khusus

Bagi Anda yang tidak mau repot dengan cara di atas bisa menggunakan cairan khusus lensa untuk antifog. Cairan ini berfungsi membuat kacamata Anda tidak berembun meski terkena hembusan napas ketika memakai masker. Cara ini adalah cara yang paling efektif. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan meneteskan 1 tetes cairan antifog lalu lap menggunakan kain yellow chaimos yang terdapat di dalam box. Jangan gunakan kain microfiber biasa. Usap dengan lembut sampai cairan merata ke seluruh lensa. Cairan antifog ini bernama Antifog Progear. Bagi Anda yang sering berpergian bisa menggunakan varian lain yaitu Wipe Lens Antifog Progear. Varian ini berupa tisu basah sehingga lebih praktis untuk dibawa ke mana saja. Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi Optik Tunggal terdekat atau jika tidak ingin keluar rumah, Optik Tunggal Mobile Experience siap melayani Anda di rumah. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000 atau 0811 1351 1000. 

BAGIKAN