Mitos dan Fakta Seputar Penggunaan Kacamata yang Sering Salah Kaprah

Bagi Anda yang baru pertama kali atau baru – baru ini memakai kacamata pasti sedang mempelajari seputar kacamata. Berikut mitos dan fakta yang sering kali salah kaprah bagi pengguna kacamata baru maupun pengguna kacamata yang sudah lama.

 

Sering lepas kacamata akan membuat mata minus meningkat

Banyak orang salah persepsi tentang ketika mata minus sering melepaskan kacamata. Pertambahan minus biasanya bisa merupakan dari faktor keturunan dan faktor kebiasaan hidup seperti bermain smartphone terlalu lama tanpa istirahat, membaca buku di tempat gelap, dan lain – lain. Pertambahan yang lumayan besar biasanya pada masa pertumbuhan karena pada saat itu mata belum stabil. Jadi Anda yang memakai kacamata tidak perlu takut jika ingin melepas sejenak kacamata Anda.

 

Penggunaan kacamata dapat memperparah kondisi mata minus

Faktanya bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kacamata minus tidak meningkatkan minus. Penggunaan kacamata ini bertujuan untuk memberikan jarak pandang yang jelas pada penderita rabun jauh.

 

Mata minus bisa disembuhkan dengan obat

Pasti Anda sering mendengar iklan obat dapat menyembuhkan mata minus Anda. Sampai saat ini belum ada obat yang secara penelitian dapat menurunkan atau menyembukan mata minus. Jadi jika melihat iklan tersebut sebaiknya diabaikan saja karena hanya buang – buang uang tanpa hasil yang pasti. Satu – satunya untuk menghilangkan mata minus dengan operasi lasik. Metode ini belum 100% dapat menyembuhkan mata minus Anda karena ada batasan maksimal minus yang bisa di hilangkan sesuai dengan topografi dan ketebalan kornea.

 

Menggunakan kacamata teman yang minus atau silinder akan tertular

Menggunakan secara sebentar tidak akan jadi masalah. Biasanya ketika kita memakai kacamata teman Anda akan membuat Anda pusing dan setelah memakainya biasanya akan membuat mata Anda menjadi buram untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan mata sedang mengubah fokus untuk menyesuaikan dengan kacamata yang dipakai dan saat melepasnya mata melakukan penyesuaian fokus kembali. Jika hanya memakai sebentar akan tidak masalah, tetapi tidak disarankan untuk memakai terus - menerus karena dapat merusak mata Anda.

 

 

Membaca sambil tiduran dapat meningkatkan mata minus dan silinder

Kebiasaan satu ini merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan mata. Jarak pandang yang baik dalam membaca adalah 30 – 40 centimeter. Jika Anda membaca lebih dekat dari itu bisa menimbulkan mata lelah. Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus menerus maka akan meningkatkan resiko mata minus maupun silinder.

 

Menggunakan gadget di tempat gelap

Biasanya Anda sering kali malas untuk menyalakan lampu saat menonton TV atau menggunakan laptop. Saat menonton TV sering kali lampu dimatikan agar mirip seperti suasana bioskop. Tahukah Anda ketika dalam keadaan gelap pupil mata akan membesar dari biasanya sehingga meningkatkan resiko terpapar sinar biru menjadi lebih banyak dan membuat otot mata menjadi tegang. Sinar biru tersebut menjadi salah satu penyebab dari mata lelah. Jika mengalami mata lelah secara terus – menerus, mata Anda akan mengalami resiko peningkatan mata minus atau masalah kesehatan mata lainnya.

 

Jika ingin konsultasi seputar kesehatan mata bisa langsung menghubungi store Optik Tunggal terdekat atau hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 0811 1320 3000.

 

BAGIKAN