Temukan Bahan Frame yang Cocok untuk Anda

Ketika Anda ingin membeli kacamata, model atau bentuk kacamata tentu menjadi pertimbangan pertama yang mungkin terpikirkan. Namun jangan lupa mempertimbangkan bahan frame yang Anda pilih. Berbeda bahan, berbeda juga ketahanan dan kebutuhannya. Untuk mendapatkan kacamata yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terlebih lagi apabila wajah Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan tertentu. 

Pada umumnya frame yang paling banyak tersedia di optik terdiri dari 2 jenis bahan, yaitu kacamata berbahan plastik dan metal. Pemilihan bahan kacamata yang tepat akan berpengaruh besar pada kenyamanan pemakaian dan kinerja Anda. Maka dari itu sesuaikan bahan kacamata dengan kebutuhan Anda. 

 

Kacamata Berbahan Plastik

  1. Acetate 

Cellulose Acetate merupakan bahan plastik yang sering digunakan oleh brand-brand besar pada saat ini.  Bahan ini terbuat dari kapas sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Selain itu acetate sangat personalize karena memiliki pattern dan warna yang beragam. Setiap pattern yang dihasilkan acetate tidak pernah sama. Hal ini yang membuat acetate memiliki pattern yang eksklusif. Meskipun sekilas terlihat sama dengan material plastik, namun Anda akan merasakan perbedaan saat menggunakannya. Acetate dikenal lebih kuat dan tahan lama dibandingkan bahan plastik biasa. 

  1. Nylon

Bahan nylon sering digunakan untuk kacamata sport. Keunggulan dari bahan ini adalah elastisitas pada saat dipakai. Nylon juga lebih transparan dan terasa halus jika dipakai. Seiring kemajuan teknologi, kacamata yang berbahan nylon menjadi semakin bervariasi. TR 90 atau Grilamid adalah salah satu bahan yang berasal dari nylon. Grilamid lebih ringan tahan benturan dan kuat, maka banyak digunakan pada kacamata sport. Bahan ini cocok untuk Anda yang tidak suka frame yang mengkilat. Selain itu bahan grilamid tidak membuat alergi sehingga cocok untuk kulit sensitif. 

  1. Optyl 

Optyl merupakan bahan frame yang kuat dan tahan dari suhu tinggi. Bahan optyl memiliki sifat getas (sangat kaku dan mudah patah) sehingga harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Namun bahan optyl sangat stabil dan tahan terhadap zat kimia. Bahkan frame berbahan optyl dapat lebih ringan 20% dari frame berbahan acetate.

 

Kacamata Berbahan Metal

  1. Emas dan Perak

Jika dilihat dari sudut pembeli, emas terlihat sangat mewah dan memiliki keunggulan seperti tahan karat. Namun pada proses pembuatan frame berbahan emas dibutuhkan pelapisan oleh logam yang lain. Hal ini dikarenakan emas sangat lunak dan tidak kokoh sehingga perlu di press atau disepuh terlebih dahulu. 

Sama halnya dengan perak. Perak merupakan bahan frame yang lunak dan seringkali digantikan dengan emas putih pada proses pembuatannya. Kacamata yang berbahan emas dan perak akan langsung membuat penampilan Anda terlihat mewah dan semakin percaya diri. 

  1. Stainless steel 

Bahan ini terkenal dengan tahan karatnya. Sangat kuat dan awet meskipun sudah digunakan dalam jangka panjang. Stainless steel banyak disukai karena bahannya yang mengkilat dan tahan lama. 

  1. Titanium

Titanium merupakan bahan frame metal paling banyak diminati oleh berbagai kalangan. Jika dibandingkan dengan frame metal lainnya, frame titanium lebih ringan 48%. Hal ini membuat frame titanium juga terasa nyaman saat dikenakan. Sifatnya yang anti korosif juga membuatnya tidak mudah berkarat. Terlebih lagi bahan ini hipoalergi (Tidak menyebabkan alergi) dan kuat tidak mudah patah. 

Optik Tunggal dan ZEISS Vision Center menyediakan frame dengan kualitas material terbaik. Kami siap membantu Anda untuk memilih kacamata yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera pilih kacamata impian Anda langsung di store atau hubungi customer service kami untuk menikmati layanan home service Optik Tunggal Mobile Experience.

BAGIKAN