Tips Ampuh Mengatasi Mata Lelah Saat Bekerja dengan Komputer

Pekerja kantoran pastinya banyak berhadapan dengan layar komputer atau laptop selama lebih dari 4 jam. Sekarang leher Anda mungkin terasa kaku dan mata menjadi mudah lelah. Tidak hanya merusak kenyamanan bekerja, kondisi mata lelah dapat membuat produktivitas sehari-hari menurun. Berikut adalah tips ampuh mengatasi mata lelah saat bekerja di depan layar komputer. 

1. Rutin Periksa Mata

Sering periksa mata adalah langkah pertama untuk mencegah dan mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar. Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), bagi orang yang bekerja dengan gawai, periksa mata sebaiknya dilakukan sedikitnya setahun sekali. Lebih bagus apabila Anda bisa meluangkan waktu untuk periksa mata 6 bulan sekali. Tidak perlu khawatir mengenai biaya, Optik Tunggal menyediakan jasa periksa mata dan konsultasi lebih lanjut secara gratis. 

2. Atur Pencahayaan Layar dan Ruangan

Pemicu mata mudah lelah seringkali berawal dari cahaya layar yang terlalu terang. Apalagi jika Anda bekerja pada ruangan yang memiliki banyak sumber pencahayaan. Banyaknya cahaya yang masuk membuat Anda lebih sering menyipitkan mata karena merasa silau. Sebaiknya kurangi sumber pencahayaan di ruangan kerja Anda dan atur cahaya laptop hingga merasa nyaman. Menggunakan lampu dengan intensitas rendah juga sangat disarankan. 

3. Atur Kontras Layar Komputer

Pantulan dinding pada layar komputer dapat menyebabkan CVS (Computer Vision Syndrome). Pertimbangkan untuk memasang anti-glare pada layar komputer Anda. Menatap layar komputer atau laptop LCD lebih aman untuk mata dan biasanya memiliki permukaan anti reflektif. Jangan lupa untuk sesuaikan ukuran teks, mengurangi color temperature akan memberikan kenyamanan lebih lama pada saat bekerja.  

4. Berkedip Lebih Sering 

Berkedip merupakan aktivitas yang sering terlupakan pada saat kita fokus bekerja di depan layar. Padahal berkedip sangat penting untuk membasahi mata dan mencegah kekeringan dan iritasi mata. Menurut penelitian, orang yang bekerja dengan komputer dan berkedip lebih jarang sangat beresiko mengalami dry eyes. Jika ingin mengurangi risiko tersebut, cobalah berlatih setiap 20 menit, berkedip 10 kali dengan menutup mata sangat lambat.

5. Gunakan Lensa ZEISS 

Pakailah lensa yang dapat melindungi Anda dari radiasi layar komputer. Kami memiliki rekomendasi lensa ZEISS yang membuat aktivitas di depan layar menjadi lebih nyaman. ZEISS BlueGuard Lenses dapat menghalau 40% sinar biru. Selain itu ada ZEISS  Office Lenses merupakan solusi tepat untuk mengoptimalkan penglihatan Anda dengan postur kerja yang santai dan nyaman.

Tertarik konsultasi penggunaan lensa ZEISS untuk mengatasi mata yang mudah lelah? Tunggu apalagi segera kunjungi store Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center terdekat untuk merasakan langsung pelayanan konsultasi terbaik dari kami. Selain kunjungan store, Anda dapat menikmati layanan home service Optik Tunggal Mobile Experience. Hubungi Customer Service kami via telepon atau WA di 08111 320 3000.

BAGIKAN