Tips Memilih Optik Untuk Anak


Di dalam sebuah keluarga, Anak merupakan harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu setiap orangtua pasti berusaha sekuat mungkin untuk memberi yang terbaik untuk buah hatinya. Termasuk dalam hal memilih optik untuk anak, khususnya bagi orangtua yang mempunyai anak dengan kelainan refraksi mata seperti rabun jauh (Myopia) atau rabun dekat (Hypermetropia) dan kelainan lainnya. 


Namun teknis pemeriksaan mata untuk anak tentunya tidak sesederhana orang dewasa. Hal tersebut dikarenakan beberapa hal yakni anak belum bisa berkomunikasi dengan baik kepada pemeriksa tentang keluhan yang dialaminya. Jadi, untuk teknik pemeriksaan subjektifnya akan cukup sulit. Selain itu anak sering kali takut dan menangis jika memasuki ruang pemeriksaan sehingga pemeriksaan seringkali sulit dilakukan. Hal teknis berikutnya adalah keterbatasan kelengkapan alat periksa lainnya seperti Colour Vision Test, Seteoptis tes dll.  Belum lagi rata-rata optik di Indonesia tidak menyediakan produk yang lengkap untuk anak. Sehingga pilihan menjadi sedikit dan anak terpaksa memakai produk yang kurang disukai, hal ini seringkali membuat anak malas untuk memakai kacamatanya.


Namun kini Anda tidak perlu lagi khawatir akan hal tersebut diatas, karena sekarang telah hadir optik pertama di Indonesia yang bisa menjawab semua permasalahan tersebut. Optik tersebut adalah Optik Tunggal Next Generation yang berada di Lantai 2 Mall Kelapa gading 3, Jakarta Utara. Optik khusus untuk anak ini menyediakan koleksi frame, sunglass dan lensa khusus untuk anak yang berkualitas, tenaga medis yang terampil dan terlatih, dan alat periksa yang terbaik. Design ruangan yang colorful serta disediakannya beragam mainan seperti lego, play-Doh, mewarnai dan sebagainya membuat anak akan senang untuk masuk dan memilih frame yang sesuai dengan kebutuhannya.


Prosedur pemeriksaan sangat lengkap dan sesuai dengan standar pemeriksaan pediatrik. Mulai dari Anamnesa (menanyakan biodata pasien), riwayat penyakit, kelahiran, keturunan, dan lain-lain. Kemudian pemeriksaan Objektif dilanjutkan dengan Autorefractometer. Ada dua jenis AR yang tersedia yakni Autorefractometer biasa yang menggunakan meja serta Handrefractometer, untuk anak yang sulit berkomunikasi dan fokus. Juga menggunakan Streak Retinoscoopy untuk memastikan hasil ukurannya. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan subjektif dengan phoropthor. 

 

gambar : Handrefractometer


Kemudian untuk mengetahui apakah anak mengalami kelainan penglihtan warna juga dilakukan Colour Vision Test dengan menggunakan Isihara. Jika didapati terdapat kelainan maka di telusuri lagi, warna apakah yang tidak dapat dilihat pasien dengan menggunakan 15 Disc Colour Vision test. Setelah itu dapat juga dilanjutkan dengan streoptis test untuk mengetahui Deep Perception atau kedalam penglihatan 3 dimensi anak.

 

gambar : 15 Disc Colour Vision test ( source : guldenophthalmics.com )


gambar : streoptis test ( source : eyefirst.eu )


Karena itu, mulai sekarang Anda tidak perlu lagi bingung memilih optik yang terbaik untuk putra-putri Anda. Percayakan masalah kesehatan mata si kecil kepada Optik Tunggal Next Generation.


SHARE IT