Benarkah Mengonsumsi Wortel Baik untuk Kesehatan Mata?

Sedari kecil kita sering mendengar informasi bahwa mengonsumsi wortel dapat merawat kesehatan mata. Informasi tersebut turun temurun disampaikan sampai saat ini. Masyarakat meyakini wortel mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Namun apakah benar mengonsumsi wortel baik untuk kesehatan mata kita?

Tidak hanya di Indonesia, di negara lain bahkan wortel dipercaya dapat meningkatkan penglihatan di malam hari. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Karin Wiradarma. “Memang wortel itu banyak mengandung vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A itu penting untuk kesehatan mata. Jadi bisa membantu sel retina untuk melihat lebih jelas, baik siang maupun malam hari,” penjelasan beliau.

Kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute juga membuka suara tentang manfaat wortel bagi mata. “Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan beta-karoten-nya, "karotenoid" yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A.” Menurutnya vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di sel kerucut dan protein rodopsin terbentuk di sel batang dekat bagian belakang mata. 

Wortel terbukti dapat menjadi sumber vitamin A yang baik. Vitamin A akan membantu mengonversikan cahaya yang diterima mata menjadi sebuah sinyal yang akan ditransmisikan ke otak. Hal ini yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang orang melihat dalam kondisi cahaya rendah.

Wortel mengandung sekitar 86–95% air dan 10% karbohidrat. Umbi ini mengandung sedikit lemak dan protein sehingga bagus untuk menjaga kekebalan tubuh. Dalam wortel juga terdapat kandungan polifenol yang bersifat anti-oksidan, anti-mutasi, dan anti-tumor bagi tubuh manusia. Polifenol berfungsi untuk melawan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.  Maka dari itu mengonsummsi wortel dapat menurunkan risiko penyakit seperti kanker, stroke, jantung, dan osteoporosis. 

Hal yang tidak boleh terlupakan adalah wortel juga kaya akan serat. Konsumsi sayur atau buah yang kaya akan serat dapat membantu mengurangi kadar gula darah supaya tidak melonjak tinggi. Sehingga wortel yang kaya akan serat,  bisa mencegah sembelit serta mengurangi risiko kanker usus besar. Banyak sekali bukan manfaat wortel untuk kesehatan kita?

BAGIKAN