Ini Dia Fungsi Mata Selain Melihat!

Setiap hari tentunya kita melibatkan mata untuk mengerjakan segala rutinitas. Dimulai dari pekerjaan kantor, membersihkan rumah, olahraga dan masih banyak lagi.  Fungsi utama mata adalah sebagai panca indera penglihatan. Namun ternyata mata memiliki fungsi lain yang mungkin Anda belum ketahui. Faktanya masih banyak kalangan masyarakat yang belum benar-benar paham fungsi penting mata bagi kehidupan manusia sehingga masih sering  cenderung abai dengan kesehatan mata.

Mata Sebagai Alat Komunikasi

Mulut memang merupakan anggota tubuh yang fungsinya paling penting dalam hal komunikasi. Namun mata dapat menjadi alat untuk meyakinkan lawan bicara Anda. Mata juga dapat digunakan sebagai alat dalam menyampaikan kode atau isyarat sebuah tindakan. Biasanya mata merupakan sebuah cerminan cara berkomunikasi Anda.

Mata Sebagai Alat Penglihatan

Ini merupakan fungsi utama pada mata yakni sebagai indera penglihatan. Mata umumnya digunakan untuk melihat objek yang jauh dan dekat atau melihat kondisi di sekitar. Cara kerja mata cukup kompleks. Setiap bagian dari mata memiliki peranannya masing-masing untuk menghasilkan sebuah visual yang biasanya Anda lihat. Mata hanya bisa melihat objek yang terkena pantulan cahaya.

Mata Sebagai Penjaga Keseimbangan

Ternyata mata termasuk ke dalam sistem vestibular yaitu sistem keseimbangan tubuh. Sistem tersebut yang membuat Anda dapat berdiri dengan tegak. Ketika melihat menggunakan mata, Anda akan mendapatkan informasi secara visual. Sehingga otakmu akan mempersiapkan tindakan yang harus dilakukan oleh tubuhmu. Sistem vestibular ini juga ada pada organ telinga. 

Mata Sebagai Alat Mempelajari Berbagai Hal

Mata merupakan indera pertama yang akan merespon dan menerima informasi. Ketika menggunakan mata, Anda bisa mempelajari banyak hal baik itu melalui peristiwa secara langsung maupun membacanya dari buku. Saat informasi sudah diterima oleh otak maka Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk rutinitas hidup sehari-hari. 

Mata Sebagai Kamera Pengawas

Melihat dapat membuat Anda menjadi lebih awas dan waspada dengan kondisi yang ada di sekitar. Anda dapat menghindari sesuatu yang berbahaya karena mata menjalankan tugasnya sebagai indra penglihatan terlebih dahulu.

Setelah mengetahui pentingnya fungsi mata dalam kehidupan kita, apakah Anda masih saja mengabaikan kesehatan mata? Olahraga, tidur yang cukup, makan makanan bergizi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Periksakan mata Anda 6 bulan sekali untuk mengantisipasi kelainan refraksi mata lebih awal. Periksa mata di Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center secara gratis sekarang juga

BAGIKAN