Program Peduli Kasih dari Optik Tunggal: 2025 Kacamata untuk Anak Penderita Katarak Kongenital

1. Apa itu katarak kongenital?

Katarak kongenital adalah kekeruhan lensa mata yang terjadi sejak lahir. Lensa mata ini berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata menuju retina, sehingga mata bisa menangkap gambar dengan jelas. Namun, jika terjadi katarak, sinar cahaya yang masuk ke mata menjadi tersebar ketika melewati lensa yang keruh, sehingga gambar yang diterima mata menjadi kabur dan terdistorsi. Jika bayi mengalami hal ini, salah satu ciri yang terlihat adalah adanya noda keabu-abuan yang terlihat pada pupil mata. Selain itu, bayi menjadi tidak peka dengan pergerakan lingkungan di sekitarnya. 

Beberapa gejala katarak kongenital pada bayi yang dapat terdeteksi, yaitu:

  • Terdapat bintik putih atau abu-abu yang berbayang menghalangi bagian pupil mata.

  • Gerakan mata yang tidak terkontrol atau dikenal dengan sebutan nistagmus.

  • Bola mata bergerak ke arah berbeda atau juling.

  • Bayi seperti tidak sadar pada kondisi visual lingkungan sekitar, terutama jika katarak terjadi pada kedua matanya.

Katarak kongenital disebabkan karena keturunan, infeksi, masalah metabolik, diabetes, trauma, inflamasi, atau reaksi obat. Katarak kongenital ini dapat terjadi semenjak kehamilan, yaitu di saat ibu hamil mempunyai penyakit infeksi, seperti campak atau rubella (yang merupakan penyebab paling umum), rubeola, cacar air, cytomegalovirus, herpes simplex, herpes zoster, poliomyelitis, influenza, virus Epstein-Barr, sifilis, dan toksoplasmosis. Pada katarak kongenital yang disebabkan oleh keturunan, kelainan terjadi saat pembentukan protein penting untuk mempertahankan transparansi dari lensa mata alami, sehingga akhirnya mengakibatkan adanya noda keruh pada lensa mata.

2. Kenapa Optik Tunggal mengadakan CSR 2025 kacamata?

Sejak berdiri tahun 1929, Optik Tunggal selalu berkomitmen untuk memberikan best choice, best services dan best quality untuk masyarakat Indonesia. Setelah pada tahun 2019 memberikan 90 pasang kacamata kepada anak dengan katarak kongenital, kali ini Optik Tunggal di usia yang ke 93 tahun akan melanjutkan program CSR yang selama ini selalu dilakukan secara berkesinambungan dalam jumlah yang lebih besar dari tahun sebelumnya. Dengan proyeksi data anak-anak penderita katarak kongenital di Indonesia yang cukup tinggi, maka Optik Tunggal akan kembali mendonasikan 2025 pasang kacamata dan lensa khusus dari ZEISS kepada anak dengan katarak kongenital dari keluarga pra-sejahtera.

Program CSR ini merupakan salah satu wujud kepedulian Optik Tunggal terhadap kesehatan mata sejak usia dini, khususnya bagi anak penderita katarak kongenital. Bantuan kacamata dengan lensa khusus dari ZEISS ini diharapkan dapat meringankan beban dari orang tua dan juga membantu penglihatan anak, sehingga tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan baik.

3. Bagaimana mekanisme pengajuan kacamata khusus ini?

  • Kacamata khusus ini diberikan kepada anak dari keluarga pra-sejahtera yang sudah melakukan operasi katarak kongenital di rumah sakit. Keluarga pra-sejahtera adalah keluarga yang belum dapat memenuhi kebutuhan dasar (basic needs) secara minimal, seperti kebutuhan akan pangan, sandang, papan, kesehatan dan pendidikan.

  • Calon penerima kacamata harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengirimkan data berikut ini ke email optiktunggalpeduli@optiktunggal.com atau WA ke nomor 0811-8755-192 (chat only):

  1. Nama Anak,

  2. Data Anak (tempat & tanggal lahir),

  3. Nama Orang Tua,

  4. No Telepon,

  5. No Telepon Darurat,

  6. Pekerjaan Orang Tua,

  7. Alamat Tempat Tinggal,

  8. Fotokopi Kartu Keluarga,

  9. Fotokopi KTP Orang Tua

  10. Foto Anak,

  11. Foto Anak dan Orang Tua,

  12. Foto Rumah/ Tempat Tinggal,

  13. Surat Keterangan Tidak Mampu,

  14. BPJS Kelas II/ Kelas III/ KIS,

  15. Resep Kacamata dari Dokter,

  16. Fotokopi KWH Listrik.

  • Tim Optik Tunggal akan memeriksa data pendaftaran yang masuk dan melakukan verifikasi data terlebih dahulu.

  • Apabila sudah diverifikasi, maka tim Optik Tunggal akan melakukan konfirmasi kepada orang tua calon penerima kacamata.

  • Setelah itu tim Optik Tunggal akan memproses pembuatan lensa yang sesuai dengan resep dokter.

  • Ketika kacamata sudah jadi, tim Optik Tunggal akan mengirimkan kacamata tersebut kepada penerima.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi tim Optik Tunggal via email optiktunggalpeduli@optiktunggal.com atau WA ke nomor 0811-8755-192 (chat only). 

BAGIKAN