Ini Ciri-Ciri Buta Warna

Orang dengan kelainan buta warna akan sulit membedakan warna tertentu atau bahkan seluruh warna. Buta warna sendiri merupakan kondisi di mana kualitas penglihatan mata terhadap warna berkurang. Ada yang buta warna pada warna tertentu dan buta warna seluruhnya.

test ishihara

Mata memiliki sel-sel saraf khusus dan mengandung pigmen yang bereaksi terhadap warna dan cahaya, di mana sel ini memiliki tiga pigmen yang berfungsi untuk mendeteksi warna merah, biru dan hijau. Jika sel tersebut mengalami kerusakan maka mata tidak bisa melihat warna dengan benar.

Kerusakan sel tersebut biasanya terjadi karena adanya kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak. Selain itu, ada juga beberapa faktor lainnya yakni menderita penyakit diabetes, efek samping obat-obat tertentu dan kerusakan atau cedera pada mata akibat suatu hal.

Nah, beberapa tanda seseorang menderita buta warna seperti berikut:

  • Kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah yang berhubungan dengan warna,

  • Kesulitan membedakan warna daging mentah dan yang telah dimasak matang,

  • Kesulitan melihat dan membedakan warna lampu lalu lintas, yakni lampu merah, kuning dan hijau,

  • Selalu salah dalam menebak warna.

 

Jika merasa Anda atau oranglain memiliki ciri-ciri seperti di atas, lakukan test singkat dengan test Ishihara, sebuah buku yang berisi campuran warna dalam bentuk gambar dan angka yang disusun dalam satu halaman. Namun, jika Anda ingin melakukan test yang lebih mendalam dan terpercaya, segera kunjungi dokter mata untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.

 

BAGIKAN