Pilihlah Lensa yang Tepat untuk Kacamata Anda

Saat ini kebutuhan kacamata tidak hanya bermanfaat bagi seseorang yang memiliki kelainan refraksi mata, namun untuk mereka yang mulai ingin melindungi matanya. Kacamata memiliki 2 komponen, terdiri dari frame dan lensa. Frame dapat Anda sesuaikan dengan style dan trend model terkini. Biasanya orang lebih menghabiskan waktu untuk memilih koleksi frame karena di store tersedia banyak pilihan. Namun mungkin Anda tidak menyadari bahwa ada beragam macam jenis lensa yang menawarkan berbagai perlindungan bagi mata.

Memilih frame memang penting untuk memastikan kenyamanan dan penampilan Anda. Namun memilih lensa tak kalah penting karena akan berpengaruh terhadap visual yang akan Anda lihat, gaya hidup dan kebutuhan khusus. Berapa jenis lensa yang sudah Anda ketahui? Artikel ini akan membahas jenis-jenis lensa berdasarkan titik fokus dan lapisan tambahan untuk perlindungan lebih bagi mata.

Lensa Berdasarkan Fokus Penglihatan 

1. Single Vision (Penglihatan Tunggal)

Lensa single vision merupakan pilihan lensa yang paling umum dan paling sederhana dipakai untuk membantu penglihatan mata. Lensa ini dibuat khusus agar sesuai dengan resep dan kondisi mata seperti miopia, hyperopia dan astigmatisme. Tentu lebih baik Anda periksa mata terlebih dahulu sebelum membuat lensa. Semakin baru resep yang diberikan, semakin tepat lensa yang akan Anda pakai nantinya. 

2. Bifokal 

Bi berarti dua, sehingga bifokal memiliki dua titik fokus pada satu lensa. Lensa bifokal dipergunakan untuk membantu penglihatan jauh dan dekat secara bersamaan. Satu titik fokus bagian bawah biasanya diperuntukan dalam memperjelas kegiatan membaca atau untuk rabun dekat, sedangkan bagian atas untuk melihat benda pada jarak jauh atau rabun jauh.

3. Progresif

Lensa ini juga memiliki dua titik fokus seperti bifokal, bedanya lensa progresif tidak memiliki garis pembatas pada lensa. Titik fokus untuk melihat jarak jauh dan titik fokus untuk melihat jarak dekat memiliki transisi yang tidak terlihat dari luar. Selain itu, lensa ini dilengkapi dengan titik fokus yang berkemampuan untuk melihat jarak sedang sehingga lebih nyaman pada saat digunakan. Lensa progresif bisa dibilang lensa multifokal.

Lensa Berdasarkan Tambahan Lapisan  

1. Lensa Tahan Gores

Lensa tahan gores membantu melindungi lensa Anda dari goresan melalui lapisan kokoh (hard coating) pada lensa. Ini membantu lensa kacamata Anda untuk bertahan lebih lama sehingga mempertahankan penglihatan yang lebih jelas.

2. Lensa Hydrophobic

Lensa ini memastikan bahwa air akan langsung meluncur dari lensa Anda. Sehingga tidak perlu lagi khawatir apabila kacamata basah terkena air hujan. Anda tetap bisa melihat dengan jelas dengan kacamata berlensa hydrophobic.

3. Lensa Photochromic 

Lapisan lensa jenis ini merupakan lensa peka terhadap cahaya. Lensa akan beradaptasi dengan berbagai tingkat kecerahan dan menyaring sinar UV. Semakin banyak sinar UV yang tertangkap maka lensa akan berubah warna menjadi semakin gelap seperti sunglasses. 

4. Lensa Drivesafe 

Jika Anda suka berkendara dengan mobil, lensa drivesafe akan melindungi mata Anda dari pantulan cahaya dari kendaraan lain di jalan. Lensa jenis ini sangat direkomendasikan untuk orang yang berkendara secara teratur atau bagi mereka yang sering menghabiskan waktu di luar rumah.

5. Lensa Blue Light Protect

Seiring berkembangnya teknologi digital perlindungan mata dari sinar biru menjadi fundamental. Lensa ini berfungsi untuk menyaring sinar berbahaya yang berasal dari matahari, televisi, layar komputer dan berbagai jenis gadget lainnya.

6. Lensa UV Protect 

Lapisan tambahan UV protect mampu memblokir sinar ultraviolet. Sinar UV sangat berbahaya bagi mata. Jika terlalu sering terpapar tanpa perlindungan, seseorang dapat terkena katarak di usia dini. 

Apapun kebutuhan lensanya, kami siap memberikan pelayanan, solusi dan kualitas terbaik untuk kacamata Anda. Langsung konsultasikan kebutuhan Anda di store Optik Tunggal atau ZEISS Vision Center. Jika Anda memiliki jadwal yang padat, biarkan kami melayani Anda di rumah dengan Optik Tunggal Mobile Experience. Hubungi customer service kami di 081113203000 atau 081113511000.

BAGIKAN