Gadget Dapat Menyebabkan Mata Anak Minus?

Di era digital saat ini membuat anak-anak lebih sering menatap layar gadget daripada beraktivitas di luar bersama temannya. Orang tua wajib memantau sang anak agar mereka tidak terlalu lama asik dengan gadgetnya. Terlalu lama bermain dengan gadget dapat meningkatkan risiko terkena mata minus. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Faktor yang menyebabkan mata minus pada anak adalah mata dipaksakan fokus sepanjang hari menatap layar. Akibat menatap layar gadget terlalu lama maka dapat menyebabkan mata lelah dan berujung pada masalah penglihatan. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak pernah berujung baik, terlalu lama menatap layar gadget akan menyebabkan terpapar sinar biru lebih banyak dan meningkatkan risiko kerusakan mata yang lebih serius. 

Selain paparan cahaya biru  dari layar, aktivitas berkedip pada mata juga ikut berkurang. Padahal berkedip merupakan cara mata menjaga kelembapan, sehingga terhindar dari iritasi. Pada kondisi normal, mata kita perlu berkedip setidaknya 15 kali dalam satu menit. Namun, jumlah kedipan mata dapat berkurang saat terlalu fokus menatap layar gadget. Jika terlalu fokus, mata mungkin hanya berkedip sebanyak 5-7 kali per menit.

Risiko masalah penglihatan mata menjadi lebih tinggi jika aktivitas menatap gadget tidak dibarengi dengan penerangan layar yang baik. Bermain gadget di tempat yang memiliki pencahayaan kurang baik dapat menyebabkan mata kering, nyeri, berair, perih, panas, dan gatal. Kondisi ini juga bisa menyebabkan mata menjadi lebih sensitif dan penglihatan buram.

Jika mata terlalu lama tegang dan lelah, maka risiko mata minus pada anak tidak dapat dihindari. Mata minus alias rabun jauh adalah kondisi penglihatan terganggu dalam melihat objek yang berjarak jauh. Objek yang jauh akan terlihat buram, sementara benda yang dekat bisa terlihat dengan jelas. Pada anak, gejala rabun jauh biasanya muncul usia 9-10 tahun. 

Sebaiknya periksakan mata anak jika sudah ada gejala apabila si kecil sering menyipitkan mata untuk melihat benda yang berjarak jauh. Anda bisa membawa buah hati ke Optik Tunggal untuk  periksa mata secara gratis. Jika hasil pemeriksaan sang anak ada mata minusnya, kami menyarankan untuk menggunakan kacamata dengan lensa ZEISS Myopia Management. Lensa ini dapat mengurangi risiko penambahan mata minus pada anak. Perlu konsultasi lebih lanjut? Kami tunggu kedatangannya di Optik Tunggal, Optik Tunggal Next Generation dan ZEISS Vision Center terdekat.

BAGIKAN